> SATU HATI UNTUK PAPUA: LETAK PERSOLAN DI PAPUA

Blog Archive

Calendar

free counters

free counters

free counter

Kamis, 30 September 2010

LETAK PERSOLAN DI PAPUA



Tak bisa di pungkiri sejak bergabungnya papua ke dalam NKRI sejak 1961 melalui penentuan pendapat rakyat (PEPERA) yang di wakilkan 1.025 tokoh masyarakat papua mendapat pertentangan dari berbagai pihak . Orang papua menganggap bahwa pelaksanaan pepera itu sendiri masih bermasalah,sementara pemerintah Indonesia menganggap pepera sudah final di mana orang papua telah menyatakan diri bergabun dengan Indonesia . Dengan dengan pemikiran ini pendirian masyarakat masih sementara untuk rakyat kecil di papua yang menjadi kembin hitam/ yang di korbankan.

Ada berbagai kekerasan pilitik dan pelangaran HAM terhadap masyarakat papua sampai saat initidak ada penyeselesaian yang tuntas terhadap semua pelanggaran HAM di tanah papua.

Kegagalan pembangunan yang di lakukan masa orde baru dengan cara mengganden kapitalisme Internasional . Hal itu ditujukan dengan eksploitasi sumber daya alam besar besaran ,sehingga merusak ekosistem alam papua, buakan hanya itu,kearifan lokal yang di miliki orang asli papua ikut tenggelam oleh arus esploitasi sember daya alam . Program migrasi yang dilangcarkan oleh pemerintah orde baru telah membawa marjelinasisa terhadap masyrakat papua.

Masalah otonomi khusus papua pun menjadi salah satu sorotan utama dalam perhelatan komflik di papua.beberapa pihak menginginkan otsus sebagai papuanisasi ,pelurusan sejarah papua,perlindungan terhadap hak hak orang papua dan pembangunan untuk orang papua. Tapi dipihak lain mengatakan otsus diletakan dalam integrasi nasional dan pembangunan.

Sehinga ada empat hal yang menguat dalam konflik antara nasionalis indonesia dengan nasionalis papua : pertama , marjinalisasi dan diskriminasi yang terjadi pada orang papua,kedua kegagalan pembangunan, ketiga kekerasan negara dan pelanggaran HAM, keempat sejarah dan status polotik papua.

Ketika terlihat semua persoalan di papua, banyak pihak baik dari dalam papua.maupun nasional bahkan internasional mendesak di lakukannya REFEREDUM di tanah papua.

www.papuasatu.co.cc

1 komentar:

  1. salam kasih,,,,nasib tanah papua ada di tangan anak papua!! stop mencari siapa yg salah akan keadaanyg sekarang trjadi di papua!!!! saatnya membangun papua dengan kasih Yesus,,,mari smua yg cinta akan papua,,saatx bagun dari tidur panjang kita mulailah beraksi dgn nyata membangun papua selamatkan rakyat papua dgn menjadikan papua lumbung bagi papua dan dunia,,,ingat Tuhan sdh memberkati tanah papua dgn sumber alam yg melimpah n sdh menjadi tanggug jwb rakyat papua mengembangkannya dan memberi persembahan yg hidup dan berkenan di mata Tuhan dgn hasil bumi papua bukan dr hasil politik di tanah papua!!!!!!!!!!

    BalasHapus


ShoutMix chat widget

FEEDJIT Live Traffic Feed

FEEDJIT Live Traffic Feed

Blog Archive

Pengikut

APSAN

A
nak
P
apua
S
etia
A
kan
N
egrinya

Cari Blog Ini

APSAN

AANAK
PPAPUA
SSETIA
AAKAN
NNEGERINYA

PAPUA-SATU

Entri Populer

wibiya widget


ko kabr

Follow by Email