> SATU HATI UNTUK PAPUA: Hidupku adalah sebuah sungai

Blog Archive

Calendar

free counters

free counters

free counter

Selasa, 08 Juni 2010

Hidupku adalah sebuah sungai

Hidupku adalah sebuah sungai yang tenang, melayang malas tapi tak terelakkan ke arah mulut kepunahan sendiri dan keluar menjadi lautan berbatas dari pelupaan.

Semua alasan yang lebih kemudian untuk mengagumi mereka yang telah menemukan gairah asli untuk sesuatu - apa pun - dalam kehidupan mereka.

Dan itulah yang terjadi minggu lalu saat aku berkeliling Andalucia.

Di lereng bukit hijau, terletak di sudut hilang Almeria, aku mampir tempat dengan nama Sunseed, di mana saya bertemu dengan seorang wanita muda bernama Spanyol menarik Patricia.

Sunseed merupakan sebuah komune amal bahwa praktek organik, berdampak rendah, hidup yang berkelanjutan; daur ulang dan menggunakan kembali hampir semua yang dapat Anda bayangkan.

Tapi saat ia berbicara, matanya bersinar dengan intensitas yang bercahaya yang berasal dari keyakinan mendalam bahwa ia terlibat dalam sesuatu yang penting; sesuatu substansi yang nyata.

Ia tidak membuat untuk eksistensi sangat mudah atau nyaman, khususnya selama musim dingin Andalucia sepenuhnya melewati batas baru saja dialaminya.

Patricia, bagaimanapun, menyambut saya ke area ruang-cum-makan pertemuan suram dengan senyum berseri-seri dan langsung mengatur tentang menjelaskan bagaimana Sunseed ini dikelola oleh sukarelawan yang, selain mengolah tanah, menginstruksikan pengunjung ke pusat dalam cara yang berkelanjutan hidup.

Dia membawaku berkeliling fasilitas, menjelaskan cara kerja ini dan itu, mengidentifikasi tumbuhan dan pohon-pohon dan melakukan demonstrasi spontan di sepanjang jalan.

Dia rendah hati, hampir malu-malu, karena ia terkait aspek kehidupan komunal sehari-hari. Tapi saat ia berbicara, matanya bersinar dengan intensitas yang bercahaya yang berasal dari keyakinan mendalam bahwa ia terlibat dalam sesuatu yang penting; sesuatu substansi yang nyata. Dengan tidak adanya Tuhan, Patricia telah menemukan sesuatu untuk percaya, beberapa tujuan keberadaannya.

Hidupnya memiliki arti. Dia tahu, aku tahu itu. Itu adalah memabukkan. Aku ingin memeluknya dalam pelukanku dan tenggelam di Permainan warna dari pandangannya dan melarikan diri dari kekosongan menyedihkan saya, hidup tak terlihat, pakai.

Bagaimana saya ingin tahu - jika hanya sesaat - yang ditinggikan perasaan layak dan tujuan. Tapi saat itu berlalu dan Patricia sudah pergi.

Bukan karena Patricia berkhotbah beberapa ilahi, Injil halus. Dia bahkan tidak mengatakan bahwa semua orang harus hidup seperti dia.

Jika mereka lakukan, dia mengerti dengan cukup baik, tidak akan ada panel surya di atap rumahnya, atau internet, atau deterjen.

Dia hanya menunjukkan kepada saya - dan dunia - apa yang mungkin di dunia ini rusak bahwa kita terus menjarah dan merampas, kalau saja kita peduli untuk melakukan sesuatu - hanya beberapa hal - tetapi kecil, untuk membantu menyembuhkan ini bumi hangus dan disiksa .

Cukup berarti untuk generasi, apalagi satu kehidupan kecil. Dan masih, sungai saya berjalan melalui itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


ShoutMix chat widget

FEEDJIT Live Traffic Feed

FEEDJIT Live Traffic Feed

Blog Archive

Pengikut

APSAN

A
nak
P
apua
S
etia
A
kan
N
egrinya

Cari Blog Ini

APSAN

AANAK
PPAPUA
SSETIA
AAKAN
NNEGERINYA

PAPUA-SATU

Entri Populer

wibiya widget


ko kabr

Follow by Email