> SATU HATI UNTUK PAPUA: Pemberdayaan Masyarakat papua

Blog Archive

Calendar

free counters

free counters

free counter

Rabu, 24 Maret 2010

Pemberdayaan Masyarakat papua

Pemberdayaan masyarakat adalah peningkatan kemampuan untuk kemandirian dalam meningkatkan taraf hidupnya. Pemberdayaan sendiri merupakan suatu proses yang berjalan terus menerus.

Pemberdayaan masyarakat antara lain dilakukan melalui partisipasi masyarakat. Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembanggunan dalam daerahnya,agar memiliki hubungan yang sangat erat satu sama lainnya. Keberhasilan pembanggunan di satu pihak membutuhkan tingkat partisipasi masyarakat yang tinggi.Di lain pihak, proses pembangunan daerah dapat memberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam menempatkan kekuatan dalam sumber daya daerah menjadi lebih dekat, dan jelas, sehingga mudah diatur oleh pemerintah daerah. Dalam lingkungan desa atau kampun dimana budaya partisipasi masyarakat sangat tinggi, otonomi daerah dapat menjadi langkah awal dalam menciptakan kesempatan yang bersifat rutin dan teratur bagi interaksi masyarakat papua.

Semakin melembaganya partisipasi masyarakat daerah dalam pembangunan, secara mandiri. Meskipun demikian, konsep mandiri bukanlah suatu konsep yang sempit dan statis, sekedar menempatkan kemampuan masyarakat daerah untuk membiayai pembangunan. Dalam konteks pembangunan daerah secara luas atau kesenambungan atau mandiri. Konsep mandiri berarti perimbangan kekuatan antara masyarakat daerah dan negara dalam menentukan arah tujuan perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat papua.

Dalam memberdayakan masyarakat papua, selain dilakukan reorientasi peran pemerintah pusat, juga secara sistematis dan konsisten melakukan penyadaran terhadap masyarakat daerah melalui isu-isu lokal yang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan mereka. Upaya yang dilakukan lebih bersifat menyeluruh sehingga mampu menyetuh kemampuan masyarakat lokal. Strategi lain adalah melakukan tekanan secara politik terhadap institusi-institusi lokal seperti eksekutif, legislatif, dan yudikatif kehususnya yang menyangkut fungsional kinerja daerah. Tekanan ini dimaksudkan untuk mendorong perbaikan-perbaikan pada kinerja institusi-institusi formal tersebut agar mampu merespons, merencanakan serta melaksanakan aspirasi-aspirasi yang berkembanga di kalangan masyarakat papua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


ShoutMix chat widget

FEEDJIT Live Traffic Feed

FEEDJIT Live Traffic Feed

Blog Archive

Pengikut

APSAN

A
nak
P
apua
S
etia
A
kan
N
egrinya

Cari Blog Ini

APSAN

AANAK
PPAPUA
SSETIA
AAKAN
NNEGERINYA

PAPUA-SATU

Entri Populer

wibiya widget


ko kabr

Follow by Email