> SATU HATI UNTUK PAPUA: MASYARAKAT MANDIRI

Blog Archive

Calendar

free counters

free counters

free counter

Kamis, 18 November 2010

MASYARAKAT MANDIRI

Masyarakat mandiri adalah masyarakat yang bisa memenuhi kebutuhannya sendiri dan tidak semata tergantung dengan bantuan dari pemerintah. Kalau ada bantuan dari pemerintah, sifatnya hanya stimulant atau perangsang untuk memotifasi masyarakat itu melakukan sesuatu usaha sesuai dengan apa yang di pikirkan dan apa yang di harapkan.

Ada kerjasama yang baik, tidak tergantung dengan bantuan pemerintah, sistem administrasi yang di atur oleh masyarakat dengan baik,akan meningkatkan pendapatan masyarakat. Supaya lebih berdaya, masyarakat perlu menghormati aturan, kelestarian hutan, memiliki keahlian kemampuan, ketrampilan, sumber pendapatan cukup stabil, semangat kerja yang tinggi, memanfaatkan potensi alam untuk lebih bermanfaat dengan menggunakan teknologi tepat guna, mampu menyusun dan melaksanakan pembangunan desanya.

Pemberdayaan Masyarakat ”Mampu mengatur dan membangun desanya dengan memaksimalkan potensi yang ada di wilayah sendiri dan kemampuan masyarakat yang sejajar dan tidak tergantung pada bantuan pihak luar.
Pengembangan Masyarakat
Orang punya pendapat berbeda tentang bidang yang menjawab masyarakat mandiri. Namun Ketika ditanya “masyarakat ingin mandiri di bidang apa?”, kebanyakan orang menyebutkan lebih dari satu sektor. Sebagian besar respon dari pemerintah dan masyarakat merasa perlunya pembangunan di bidang:
• Kesehatan
• Pertanian
•pariwisata
• Ekonomi
• Pendidikan dan peningkatan sumberdaya manusia.SDM

Hal yang paling pokok” mencerminkan apa yang dianggap masyarakat akan mengubah penghidupannya adalah peningkatan pengetahuan, peluang pendapatan tetap, lembaga desa yang berfungsi dan kerjasama, transport, pelayanan kesehatan dan kebiasaan kerja keras.

Peran pemerintah, masyarakat dan pihak lain akan berbeda-beda tergantung masing-masing sasarannya dan kemampuannya. Ada yang membutuhkan tindakan perorangan, tindakan dari pemerintah kabupaten atau nasional, sedangkan sasaran lain memerlukan kerjasama antar pihak ini dan kadang-kadang kerjasama dengan kelompok lain. Apakah harapan masyarakat dan pemerintah yang lebih kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


ShoutMix chat widget

FEEDJIT Live Traffic Feed

FEEDJIT Live Traffic Feed

Blog Archive

Pengikut

APSAN

A
nak
P
apua
S
etia
A
kan
N
egrinya

Cari Blog Ini

APSAN

AANAK
PPAPUA
SSETIA
AAKAN
NNEGERINYA

PAPUA-SATU

Entri Populer

wibiya widget


ko kabr

Follow by Email